Semangat!!!!

Cari Blog Ini

Kamis, 08 Juli 2010

Kiat Jitu Beli Buku

Membeli buku sudah menjadi kebutuhan orang modern. Selain sebagai guru dan penasihat abadi yang bisa dibawa kemana-mana, buku juga dapat dianggap sebagai investasi. Problemnya begitu banyak judul buku yang tidak dibutuhkan, ada baiknya ikuti tips dibawah ini:
1. Rencanakan dari rumah buku yang hendak dibeli dan persediaan uang yang akan dibelanjakan.
2. Setelah sampai di toko, baca judul, pengarang dan penernitan. Kalau oke, lihat sampul belakang –sering disebut halaman empat – yang biasanya berisi ringkasan. Dari sini, lazimnya sudah bisa diukur, perlu tidaknya buku itu dibeli.
3. Cermati kata pengantar, daftar isi dan pendahuluan. Dengan begitu bisa diketahui temam sekilas isi, cara berpikir, serta pendirian penulis. Cocokkan apakah hal-hal di atas pernahdijumpai di buku lain. Kalau pernah, berapa persen isi yang telah kita ketahui.
4. Kalau buku yang Anda taksir tidak dibungkus plastic, amati per bab, dengan membaca dua atau tiga halaman dari tiap bab. Baca pula sub-sub babnya.
5. Bila ada, jangan lewatkan penutup, yang biasanya berisi kesimpulan dari seluruh isi buku. Bila tidak ada, baca tiga halaman terakhir buku itu.
Kini, anda siap melangkah ke meja kasir.

Taken From: Intisari, April 2005 hal 192

Tidak ada komentar:

Posting Komentar